Rapat Koordinasi Terkait Inpres Nomor 6 Tahun 2020

Beri Rating
[Total: 1 Average: 5]

Sumbawa Barat (13/08) – Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat Mengikuti Rapat Koordinasi yang di hadiri oleh Forkopimda Provinsi/ Kabupaten/ Kota Seluruh Indonesia dengan Menkopolhukam, Jaksa Agung, Kapolri, Panglima TNI dan Ketua Satua Satgas Covid-19

Dalam rapat tersebut Jaksa Agung Republik Indonesia memberi arahan terhadap pelaksanaan Inpres Nomor 6 Tahun 2020, Sebagai Berikut:

  1. Kejaksaan menyatakan secara tegas mendukung berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah untuk meningkatkan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian covid-19 serta kebijakan tentang pemulihan nasional.
  2. Kejaksaan siap melakukan koordinasi dan kerjasama dengan seluruh stakeholders terkait sebagaimana telah disebutkan di dalam inpres Nomor 6 Tahun 2020.
  3. Kejaksaan juga mendorong kepada kepala daerah baik Gubernur/Bupati/Walikota untuk melakukan koordinasi sedari awal dengan para pemangku kepentingan yang berada di wilayah untuk bersama-sama membahas peraturan Gubernur/Walikota/Bupati yang nantinya akan dibuat
  4. Seluruh sanksi dalam peraturan Gubernur/Walikota/Bupati yang dibuat mengacu kepada peraturan Perundang-undangan yang berlaku. di harapkan tidak terjadi disparitas yang lebara antara daerah terhadap mekanisme penerapan sanksi dan pengenaan sanksi.
  5. Tujuan utama penerapan sanksi dalam penegakan protokol kesehatan adalah untuk mendisiplinkan sekaligus membudayakan masyarakat dengan protokol kesehatan dalam pandemi covid-19 ini titik penerapan anksi diharapkan mengedepankan tindakan persuasif dalam penegakan hukum protokol kesehatan. penegakan hukum pidana kiranya menjadi opsi paling akhir (ultimumremedium).
  6. Penerapan sanksi pidana dapat mengacu kepada peraturan undang-undang terkait, seperti namun tidak terbatas misalnya Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan kemudian pasal 212 KUHP, Pasal 216 KUHP, dan Pasal 218 KUHP.
About Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat 125 Articles
Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat beralamat di Jalan Pendidikan, Kelurahan Telaga Bertong, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*